by

Inilah Hadist Yang Akan Buat Anda Berhenti Tertawa

Inilah Hadist Yang Akan Buat Anda Berhenti Tertawa – Tertawa merupakan bentuk lisan yang muncul saat seseorang merasa senang atau melihat kejadian lucu. Terkadang, tindakan ini tidak sanggup dikontrol sehingga sanggup tertawa begitu lepas dan terbahak-bahak.  Memang, sepintas tidak ada yang salah dengan tindakan ini.

Hal tersebut bahkan dianggap sebagai salah wujud lisan bahwa seseorang itu senang dalam hidupnya. Terlebih, tawa tersebut juga sanggup menular kepada orang-orang di sekelilingnya sehingga dianggap baik bagi kesehatan.

Inilah Hadist Yang Akan Buat Anda Berhenti Tertawa Inilah Hadist Yang Akan Buat Anda Berhenti Tertawa

Namun tahu kah anda kalau dalam Islam tertawa juga sudah diatur porsinya? Hadist berikut akan menciptakan anda menentukan membisu dan berhenti untuk tertawa. Karena ternyata ada pengaruh mematikan dari kegiatan yang nampaknya membahagiakan tersebut. Bagaimana isi hadistnya? Berikut ulasannya.

Agama Islam mungkin dianggap lebai dengan fakta ini. Mengingat, hal kecil menyerupai tertawa pun diatur pribadi oleh Rasulnya. Namun begitulah indahnya agama Allah ini. Karena semua hal ternyata sudah diatur oleh-Nya. Termasuk urusan tertawa. Ternyata kebanyakan tertawa tidak baik untuk hati. Menurut Rasulullah SAW perbuatan yang demikian sanggup mematikan hati pelakunya. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah ra dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian banyak tertawa, lantaran banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi).

Tentu sja kita harus mematuhi perintah yang telah diberikan oleh Rasulullah SAW tersebut. Dalam kehidupannya, Rasulullah juga tidak pernah tertawa terbahak-bahak. Hal ini disampaikan oleh Aisyah Ra.

Dari Aisyah Ra, bahwa dia berkata: “Saya tidak pernah melihat Rasulullah SAW tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan tenggorokan beliau, dia biasanya hanya tersenyum.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Imam Nawardi di dalam kitabnya Adab ad Dunia wa ad Diin menyebutkan bahu-membahu tertawa itu menjadi sebuah acara yang sanggup menciptakan diri kita sibuk dengan perkara-perkara yang tidak penting. Hal ini sanggup menciptakan kita lalai dari berfikir dan melupakan banyak sekali peristiwa alam memilukan yang seharusnya direnungi.

Tidak hanya mematikan hati, ternyata orang yang banyak tertawa itu tidak mempunyai kehormatan dan kemuliaan di dalam hidupnya. Diriwayatkan Oleh Abu Idris al Khulani dari Abu Dzar al Ghifari berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Waspadalah kau terhadap banyak tertawa. Sesungguhnya ia sanggup mematikan hati dan menghilangkan cahaya wajah”.

Bahkan alangkah lebih baik kita menangis daripada banyak tertawa lantaran menangis itu merupakan membuktikan hati yang sehat dan jernih. Ibnu Abbas berkata saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “ Ada dua mata yang tidak disentuh api neraka: Mata yang menangis lantaran takut kepada Allah dan mata semalaman berjaga di berjihad jalan Allah “ (HR. Tirmidzi).

“Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya, apabila (Al Qur’an ) dibacakan kepada mereka , mereka menyungkurkan wajah, bersujud dan mereka berkata “Maha suci Rabb kami; sesungguhnya akad Rabb kami niscaya dipenuhi,” Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk” (Al Isra 107-109).

Demikianlah gosip mengenai hadist Rasulullah yang melarang umatnya untuk banyak tertawa lantaran sanggup mematikan hati. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan ini lantaran tidak ada keuntungannya bagi kehidupan. Alangkah lebih baik apabila kita tertawa sewajarnya saja dan tidak berlebih-lebihan.

News Feed